Dalam hal desain situs web, ada begitu banyak gaya dan arah yang berbeda yang dapat digunakan situs web Anda: bisa dari mana saja dari yang berkelas hingga minimalis, dari yang ceria dan bersemangat hingga yang ramping dan modern.

Meskipun tampilan dan nuansa akhir Anda harus memancarkan gaya pribadi, lini pekerjaan, dan identitas merek Anda, ada beberapa aturan dasar yang selalu berlaku.

Desain web yang bagus memberikan pengalaman dan fungsionalitas pengguna Anda, sekaligus mudah dipahami pada pandangan pertama. Di bawah ini kami sebagai Web Design Jakarta telah mengumpulkan lima kiat desain situs web sederhana untuk membantu membuat situs Anda efektif dan menarik:

  • Jaga beranda Anda tetap minimalis dan bebas dari kekacauan
  • Desain dengan hierarki visual
  • Buat konten situs web yang mudah dibaca
  • Pastikan situs Anda mudah dinavigasi
  • Tetap ramah seluler

01. Jaga beranda Anda tetap minimalis dan bebas dari kekacauan

Beranda situs web Anda harus menyampaikan pesan inti Anda secara instan. Bagaimanapun, kami jarang membaca setiap kata di situs web. Sebaliknya, kami dengan cepat memindai halaman, memilih kata kunci, kalimat, dan gambar. Dengan mengingat perilaku yang diketahui ini, lebih baik menarik emosi daripada jumlah kata.

Semakin sedikit pengunjung situs yang membaca, mengklik, atau mengingat, semakin baik mereka dalam memproses dan mengevaluasi konten Anda. Dengan mendesain untuk mengurangi rentang perhatian, kemungkinan besar pengguna akan melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Kiat desain situs web sederhana ini akan membantu Anda memecah konten Anda dan membuat desain beranda yang rapi dan menarik:

Pertahankan konten penting di paro atas: Pengunjung harus memahami semua tentang situs web Anda sesegera mungkin, tanpa harus menggulir atau mengeklik di mana pun.

Ruang konten Anda: Gunakan spasi di antara elemen. Dengan mengosongkan beberapa area, Anda akan memberikan desain kesan yang jauh lebih luas dan seimbang. Untuk teks Anda, tulislah dalam paragraf seukuran gigitan dan terbaca.

Tambahkan citra: Fitur media berkualitas tinggi seperti foto yang indah, seni vektor, atau ikon, akan memberikan keajaiban sebagai cara alternatif untuk mengomunikasikan maksud Anda.

Sertakan ajakan bertindak: Dari melakukan pembelian hingga mendaftar, dorong pengunjung situs untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan dengan menempatkan tombol ajakan bertindak (CTA) di beranda situs Anda.

02. Desain dengan hierarki visual dalam pikiran

Hierarki adalah prinsip penting desain yang membantu menampilkan konten Anda dengan cara yang jelas dan efektif. Melalui penggunaan hierarki yang benar, Anda dapat mengarahkan perhatian pengunjung situs ke elemen laman tertentu dalam urutan prioritas, dimulai dari bagian yang paling signifikan.

Komponen utama hierarki visual adalah:
Ukuran dan berat: Soroti aset teratas Anda, seperti nama dan logo bisnis Anda, dengan membuatnya lebih besar dan lebih menonjol secara visual. Pembaca cenderung secara alami tertarik pada judul yang besar dan tebal terlebih dahulu, dan baru kemudian beralih ke teks paragraf yang lebih kecil.

Penempatan elemen: Gunakan tata letak situs web yang tepat untuk mengarahkan mata pengunjung Anda ke arah yang benar. Misalnya, Anda dapat menempatkan tombol ajakan bertindak yang penting di bagian paling tengah layar, atau menempatkan logo Anda di tajuk.

Setelah Anda menetapkan hierarki yang jelas untuk informasi Anda, pembaca tidak dapat membantu tetapi secara tidak sadar mengikuti remah roti yang telah Anda tinggalkan untuk mereka. Kemudian, terapkan warna, kontras, dan jarak untuk aksentuasi lebih lanjut, tetap perhatikan apa yang paling menarik perhatian dan pastikan selalu disengaja.

Beberapa elemen desain web yang kuat untuk membantu Anda mencapai hierarki visual yang kuat adalah strip atau tata letak kisi, seperti yang ada di Galeri Wix Pro. Untuk lebih banyak ide dan inspirasi, lihat templat situs web buatan desainer kami.

03. Membuat konten situs web yang mudah dibaca

"Keterbacaan" mengukur seberapa mudah orang mengenali kata, kalimat, dan frasa. Jika keterbacaan situs Anda tinggi, pengguna akan dapat dengan mudah memindai, atau membaca sepintas, melaluinya. Dengan cara ini, menerima informasi menjadi mudah.

Mencapai keterbacaan situs web relatif mudah; coba aturan utama ini:

Kontras adalah kuncinya: Kontras yang cukup antara warna teks dan warna latar belakang penting untuk keterbacaan, serta untuk aksesibilitas situs web. Meskipun skema warna situs Anda cenderung mewakili warna merek Anda, pastikan ada kontras yang cukup di antara elemen Anda. Untuk melakukannya, coba gunakan alat online, seperti Pemeriksa Kontras.

Ukuran huruf besar: Kebanyakan orang akan kesulitan melihat font yang lebih kecil. Aturan umum untuk desain web adalah menjaga teks tubuh Anda setidaknya 16pt. Itu adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi perlu diingat bahwa angka ini sepenuhnya bergantung pada font yang Anda pilih untuk situs web Anda.

Jenis font: Dunia tipografi menawarkan banyak jenis font yang kami inginkan. Anda dapat memilih di antara font serif (yang memiliki sedikit garis proyeksi di ujung huruf, seperti Times New Roman) menjadi sans serifs, yang secara harfiah berarti "tanpa serif."

Font sans serif biasanya merupakan pilihan terbaik untuk teks online yang panjang - seperti yang Anda baca saat ini. Anda juga dapat membuat pasangan font yang menarik dengan mencampurkan tipe-tipe yang berbeda ini. Untuk desain logo Anda, ada banyak font logo yang tersedia.

Banyak juga font tampilan yang lebih pada sisi dekoratif, seperti font script yang terlihat seperti tulisan tangan. Jika Anda ingin salah satu dari itu, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, untuk menghindari efek yang berlebihan.

Batasi jumlah font: Jangan gunakan lebih dari tiga jenis huruf yang berbeda di seluruh situs web. Beberapa proyek mungkin memerlukan kombinasi font yang lebih rumit, tetapi terlalu banyak tipografi yang bervariasi biasanya tampak berantakan, mengganggu identitas merek Anda.

Memanfaatkan tema teks: Untuk menetapkan hierarki yang jelas, pastikan bahwa konten situs web tertulis Anda bervariasi dalam ukuran dan berat - dari judul besar, hingga subpos yang lebih kecil, hingga paragraf atau teks isi yang lebih kecil. Tip desain situs web yang berguna ini dapat memastikan bahwa selalu ada sesuatu yang menarik perhatian pembaca.