Salah satu masakan asli Nusantara yang hingga sekarang ini diminati masyarakat adalah nasi tumpeng, nasi itu biasanya disusun di hari-hari besar atau di kegiatan besar saja. Nasi tumpeng ini disukai karena terselip berbagai spesies macam lauk pauk gemar dan juga bentuk nasinya unik seperti gunung. Nasi tumpeng berikut jenisnya terdapat banyak, salah satunya ada tumpeng Solo. Nasi tumpeng tersebut biasanya terbuat dari nasi kuning, nasi putih dan juga nasi uduk yang dibentuk oleh sebab itu kerucut. Selain nasi tumpeng tadi terselip juga nasi tumpeng spesies lainnya seperti di kolong ini.

Pertama tumpeng Megana, nasi itu biasanya seharga ada di acara khusus saja seperti kelahiran anak. Tumpeng Megana tidak memakai nasi kuning tetapi menggunakan nasi murni, nasi mereka dipilih sebab melambangkan ketulenan. Selain terdapat nasi suci ada pun bermacam-macam sayuran yang melambangkan harapan yang bagus untuk anak yang baru lahir tersebut. Nasi tumpeng itu biasanya dihiasi cabe warna merah dan pun telur yang sudah dikupas dan dipotong-potong.

Kedua tumpeng Robyong, tumpeng yang berikut terbilang agak unik karena nasinya terdapat banyak lidi yang menyelam. Lidi-lidi itu sudah dilumuri minyak serta satu persatu lidinya dibakar. Biasanya tumpeng unik tersebut ada kalau ada ritual meminta sesuatu atau dalam perayaan tenggang panen. Tumpeng ini tetap banyak ditemukan di kawasan pedesaan yang agak terpelosok, jadi jika mau mencoba di metropolitan sudah sukar sekali.

Ketiga tumpeng Punar, nasi yang ketiga itu tidak sulit ditemukan olehkarena itu jasa jual nasi tumpeng Solo tidak sedikit yang menyelenggarakan jadi kalau mau order tinggal kontak saja ladenan tersebut. Tumpeng Punar berikut dibuat sebagai bentuk mereguk syukur dan juga keramaian jadi kalau ada nasi ini berisi ada yang sedang berbahagia. https://kreasitumpeng.com/soc/tumpeng-solo/ dalam tumpeng tersebut bukan dari nasi uduk atau nasi putih tapi dari nasi kuning yang dikasih lauk pauk. Dalam lauk pauknya ada luruh tempe, telor, daging ayam dan pula kedelai goreng.

Keempat tumpeng Pungkur, tumpeng keempat tersebut dibuat atas bahan nasi putih yang dicetak separuh saja. Jadi tidak seperti nasi tumpeng pada umumnya, tujuan menciptakan nasi itu juga bukan sama menyerupai tujuan pabrikasi nasi tumpeng jenis yang lain. Kalau lainnya itu keterangan syukur ataupun bentuk rasa bahagia, tapi yang ini dibuat khusus kalau tersedia kematian selalu.

Kelima tumpeng Kapuranto, nasi tumpeng final ini warnanya tidak asfar tetapi warnanya biru. Dalam lauknya terdiri dari tujuh macam lauk seperti, tangkap goreng, bakmi, urap, telur, capcay, perkedel dan pun semur ketuat. Warna tumpeng ini mampu biru dikarenakan waktu memaku nasi mengendarai daun sematan telang juga. Kalau target pesan nasi tumpeng lain ini bisa hubungi sekadar penjual nasi box Solo.