SariAgri - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis dibuka menguat 7,44 poin atau 0,12 persen ke posisi 5.986,65. https://soncousin02.werite.net/post/2021/09/16/Foto-Seksi-Sophia-Latjuba-Pamer-Kaki-Netizen_-Nyesel-Habis-Makan-Gorengan_ Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 3,17 poin atau 0,38 persen ke posisi 830,97.
Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, mengatakan IHSG secara teknikal bergerak bearish breakout pada level support psikologis 6.000. Namun, IHSG tertahan di level support Moving Average 50-Day (MA50) dan lower bollinger di level 5.981.
"Sehingga, pergerakan IHSG berpeluang untuk mencoba bertahan dan kembali ke level psikologis. Tetapi, indikator Stochastic dan RSI yang mengalami bearish momentum menjadi pemberat pergerakan," kata Lanjar.
Saat ini IHSG memiliki rentang support-resistance di level 5.951-6.018. Lanjar merekomendasikan sejumlah saham yang bisa dikoleksi pelaku pasar, yakni AGII, AKRA, ASSA, BFIN, BSDE, JPFA, JSMR, KLBF, MAPI, MEDC, MNCN, WSBP, dan WTON.
Baca Juga: IHSG Anjlok Tinggalkan Level Psikologis 6.000, Asing Borong Saham INCO, ANTMIHSG Dibuka Melemah, Cek Saham Pilihan Hari Ini
Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, mengatakan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan kembali tertekan dengan kisaran support-resistance berada di level 5.913-6.123.
"Pergerakan IHSG masih menunjukkan kondisi yang berada dalam tekanan. Minimnya sentimen positif dan perlambatan roda perekonomian yang terjadi masih menjadi tantangan tersendiri bagi pasar modal domestik," papar William.
Pergerakan IHSG yang berada dalam tekanan bisa dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian saham. "Pergerakan fluktuatif yang terjadi pada IHSG dapat dimanfaatkan untuk melakukan trading atau investasi jangka pendek," ucapnya.
Sedangkan tekanan pada IHSG merupakan momentum berharga bagi investor jangka menengah dan panjang. Maka, dia merekomendasikan agar pada perdagangan hari ini investor bisa mengakumulasi pembelian saham ITMG, JSMR, TLKM, UNVR, INDF, TBIG, dan KLBF.
Video Terkait:


https://zebrasecond24.tumblr.com/post/662502781109846016/ihsg-dibuka-menguat-perhatikan-rekomendasi-saham